Monday, December 5, 2016

Cara Mengatasi Tombol Back Tidak Berfungsi Pada Smartphone



Tombol back adalah tombol yang sangat penting pada suatu smartphone. Tanpa tombol back, pengguna tidak akan bisa menutup aplikasi atau kembali ke menu sebelumnya. Di dunia smartphone sendiri, tombol back ada dua macam, ada yang sudah menggunakan sistem touchscreen, ada juga yang masih konvesional, yaitu tombol.

Kedua macam tombol back tersebut sama – sama memiliki kelemahan, yaitu sering terjadi rusak atau error, terutama untuk tombol back konvensional akibat terlalu sering ditekan. Nah, jika sudah begini, jangan terburu – buru membawanya ke reparasi, karena disini kami akan bagikan cara mengatasi tombol back yang tidak berfungsi pada smartphone.

Cara Mengatasi Tombol Back Tidak Berfungsi Pada Smartphone

Cara mengatasi tombol back tidak berfungsi pada smartphone

1. Manfaatkan aplikasi pengganti tombol back

Mengingat tombol back sangat penting dalam suatu smartphone, anda harus mencari pengganti tombol ini selama tombol back asli belum diperbaiki. Ada beberapa aplikasi tersedia di Play Store yang berfungsi untuk menggantikan tombol di smartphone seperti home, options, dan back. Aplikasi tersebut bernama Button Savior dan Easy Touch.

2. Ganti ROM yang lebih kompatibel

Tidak berfungsinya tombol back biasanya disebabkan oleh smartphone yang baru diganti ROM. Ini menandakan ROM yang baru tersebut tidak kompatibel dengan smartphone anda.Umumnya ROM yang tidak kompatibel ini tidak hanya berdampak pada tombol back saja, tapi juga tombol – tombol lainnya yang ada pada smartphone tersebut.

Oleh sebab itu, segera ganti ROM anda dengan yang ROM yang lebih kompatibel. Jika kebingungan, bawa saja ke tukang reparasi atau galeri resmi smartphone terdekat.

3. Lakukan kalibrasi

Umumnya mengkalibrasi smartphone juga bisa memperbaiki tombol – tombol yang tidak berfungsi termasuk tombol back. Caranya, pergi ke Pengaturan, Tampilan, klik kalibrasi horizontal, pilih letak permukaan datar dan tap tombol kalibrasi.

Untuk menghindari masalah tombol back tidak berfungsi terulang kembali, sebaiknya lakukan kalibrasi ini secara berkala.

4. Bersihkan tombol back

Tombol back yang tidak berfungsi biasanya juga disebabkan oleh tombol yang kotor atau ditekan terlalu keras. Untuk mengatasi hal ini, anda harus melakukan pembersihan pada tombol. Ada dua cara membersihkan tombol back.

Pertama, bersihkan menggunakan tisu yang dibasahi minyak kayu putih. Kedua, gunakan kain katun kering yang bersih dan jangan sampai menimbulkan debu. 

Karena tombol back sangat sensitif, bersihkan tombol dengan halus.

5. Perhatikan anti gores

Menggunakan anti gores yang salah juga bisa menjadi penyebab utama tombol back tidak berfungsi. Umumnya hal ini disebabkan oleh anti gores yang tidak terpasang sempurna atau terlalu tebal.

Jika anti gores terlalu tebal, sebaiknya ganti anti gores anda dengan yang baru dan lebih cocok. Untuk mendapatkan anti gores yang kompatibel dengan smartphone, anda bisa membelinya ke galeri resmi.

Jika anti gores tidak terpasang sempurna, anda bisa meminta orang lain yang lebih ahli untuk memasang anti gores tersebut.

6. Pastikan tombol back kering dan tidak berminyak

Poin ini khusus untuk tombol back fulltouchscreen. Adanya air dan minyak bisa mengurangi responsibilitas dari tombol back. Oleh sebab itu, pastikan tombol back tersebut benar – benar kering saat hendak ditekan. Jika memang terdapat air atau minyak, bersihkan dengan kain halus secara perlahan.

Itu dia 6 cara mengatasi tombol back yang tidak berfungsi pada smartphone. Jika anda ragu untuk memperbaiki sendiri, ada baiknya anda membawa smartphone tersebut ke galeri resmi atau tukang servis untuk diperbaiki.


Emoticon Emoticon