Tuesday, December 20, 2016

Cara Memperbaiki Baterai Android yang Tidak Bisa Diisi


Smartphone sudah menjadi teknologi yang tak terpisahkan dari keseharian manusia masa kini. Hal ini bukannya tanpa alasan, pasalnya smartphone sudah memiliki banyak sekali fitur yang memudahkan kehidupan manusia dari mulai komunikasi, pekerjaan, mencari tempat, memesan sesuatu, dan lain – lain.

baterai android tidak bisa diisi ulang

Untuk alasan itu, setiap orang tentu ingin terus menjaga smartphonenya terus hidup dengan cara menchargenya tiap kali baterray tinggal sedikit. Namun, dalam beberapa kasus, sering kali baterai smartphone tidak bisa diisi. Hal ini tentunya bisa membuat panik pemiliknya. Nah, bagi anda yang mengalami hal tersebut, yaitu baterai smartphonenya tidak bisa diisi, berikut kami berikan beberapa cara untuk mengatasinya

Memperbaiki Baterai Android Yang Tidak Bisa Diisi


1. Periksa port USB

Jika baterai smartphone tiba – tiba tidak bisa diisi, jangan terburu – buru menganggap baterai anda rusak. Sebaiknya cek dulu di bagian port USB. Penggunaan yang kasar sering kali membuat port USB rusak dan arus listrik tidak bisa diteruskan ke baterai.

Caranya pindah baterai anda ke smartphone lain yang sejenis. Jika masuk, artinya port USB anda memang bermasalah.

2. Periksa power adapter dan kabel USB

Kedua bagian charger ini juga sering kali bermasalah dan menyebabkan baterai tidak bisa diisi. Kabel USB yang rusak biasanya dikarenakan kabel sering terlipat sehingga tembaga di dalamnya putus. Sedangkan adapter biasanya rusak karena sering terbanting atau overheat.

Untuk mengeceknya anda bisa menggunakan charger lain. Jika masih bisa, maka segera ganti charger anda dengan charger yang baru dan sesuai dengan smartphone.

3. Periksa kondisi baterai

Jika port USB dan charger ternyata masih normal, selanjutnya yang harus anda cek adalah kondisi baterai. Mungkin saja baterai anda sudah rusak atau menggembung. Jika terjadi seperti ini, ganti saja baterai tersebut dengan yang baru. Ingat, ganti dengan baterai original dari pabrik smartphone anda.

4. Lakukan pembaruan firmware

Jika semua komponen di atas masih baik – baik saja, ada kemungkinan smartphone anda perlu melakukan update firmware ke versi selanjutnya. Masalah ini sering terjadi, terutama bagi pengguna Iphone.

Misal, jika smartphone anda tidak bisa dicharge ketika menggunakan kitkat, coba update OS tersebut ke versi lollipop, lalu coba charge hp anda.

Namun terkadang ada juga yang smartphonenya malah tidak bisa dicharge setelah update firmware. Jika begini, segera downgrade versi OS anda ke versi sebelumnya. Atau anda juga bisa melakukan factory reset pada smartphone tersebut.

5. Isi dengan charge dekstop

Cara yang kelima ini adalah cara yang banyak dilakukan oleh tukang reparasi untuk memperbaiki baterai smartphone yang tidak bisa diisi. Untuk melakukan ini, tentu saja anda harus memiliki charge dekstop. Charge jenis ini adalah charge yang memiliki ampere besar sehingga memaksa daya untuk masuk ke baterai yang kosong. Dengan pancingan ini umumnya baterai bisa diisi dengan normal lagi.

6. Matikan smartphone saat dicharge

Mencharge smartphone saat aktif dapat membahayakan baterai, apalagi kalau smartphone digunakan untuk aktivitas berat seperti browsing dan bermain game. Hal ini sering kali juga menyebabkan baterai tidak bisa dicharge. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mematikan smartphone ketika dicharge sampai benar – benar penuh.

Itu dia 6 cara memperbaiki baterai smartphone yang tidak bisa diisi. Jika cara – cara di atas masih belum work, maka segera bawa smartphone ke galeri resmi atau bisa juga langsung mengganti baterai anda.


Emoticon Emoticon