Tuesday, December 20, 2016

Cara Install Windows 10 Melalui Flashdisk


Saat ini pihak Microsoft sudah menciptakan Operation System terbarunya, yaitu Windows 10. Sistem operasi terbaru ini di gadang sebagai OS terbaik saat ini. Karena itu, di sarankan jika anda saat ini masih menggunakan windows di bawahnya, untuk segera beralih ke windows 10. Nah berikut ini kami bagikan step by step cara menginstal windows 10 di komputer anda. Silahkan disimak.



Cara menginstall Windows 10 melalui Flashdisk


1. Pertama-tama anda dapat mendownload file ISO sistem operasi Windows 10 yang disesuaikan dengan RAM komputer yang anda miliki. Apabila komputer anda memiliki RAM dibawah 4GB maka anda dapat mendownload 32bit version, namun jika RAM komputer anda diatas 4GB maka anda dapat mendownload 64bit version.

2. Selanjutnya jika anda sudah mendownload file ISO tersebut maka anda dapat mengunduh aplikasi Rufus.

3. Kemudian anda dapat menjalankan aplikasi Rufus yang sebelumnya sudah didownload. Lalu pada tampilan Rufus tersebut akan muncul kolom yang bertuliskan ‘ISO Images’. Anda hanya perlu mengklik kolom tersebut dan mengisinya dengan ‘Select’ file ISO Windows 10 yang sebelumnya sudah anda unduh. 

4. Setelah anda memasukkan file ISO Windows 10 kedalam kolom pada aplikasi Rufus tadi maka anda hanya perlu mengklik tombol start dan menunggu hingga prosesnya selesai. Namun pastikan jika Flashdisk anda sudah menancap pada komputer dengan keadaan kosong.

5. Setelah anda mengklik start dan Rufus telah selesai berjalan maka anda dapat menutup aplikasi Rufus tersebut namun pastikan pula jika flashdisk tetap menancap pada komputer anda.

6. Selanjutnya anda dapat me-restart komputer anda dan saat melakukan ‘Booting’ masuklah kedalam sistem BIOS dengan cara menekan tombol Hotkey yang sesuai denga tipe komputer masing-masing

7. Setelah anda memasuki sistem BIOS anda dapat masuk pada tab Boot untuk memilih / mencentang kolom Removeable Disk dan kolom Harddisk.

8. Apabila proses pada sistem BIOS telah dilakukan maka anda dapat menekan tombol save and exit untuk menyimpan pengaturan tersebut.

9. Setelah proses save tersebut selesai maka komputer anda akan secara otomatis melakukan restart dan kemudian melakukan ‘Booting’ ulang namun dengan tampilan sistem operasi Windows 10.

10. Setelah proses Booting selesai maka komputer anda akan otomatis membaca file ISO yang ada pada flashdisk dan kemudian membuka sebuah tab windows 10 installer.

11. Pada tahap ini anda akan melihat sebuah tab yang berisikan kolom serial number, namun anda tidak perlu memasukkan nomor serial apapun melainkan hanya perlu menekan tombol skip / next.

12. Kemudian anda akan dihadapkan dengan tab yang menampilkan pilihan kolom partisi drive pada komputer anda. hal ini ditujukan untuk melakukan formating pada komputer sesuai dengan partisi drive yang anda pilih. Oleh karena itu anda dapat memilih Drive C untuk tempat anda menginstall file Windows 10 ini.

13. Jika sudah memilih Drive C maka anda hanya perlu menekan tombol next dan proses installasi pun akan segera berlangsung.

14. Setelah proses installasi selesai komputer anda pun akan kembali melakukan restart secara otomatis.

15. Pada proses restart ini jika logo komputer sudah muncul maka anda harus segera mencabut flashdisk yang menancap pada komputer. Hal ini bertujuan untuk menghindari proses install ulang (Pengulangan tahap sebelumnya) yang mana akan memakan waktu lebih lama.

16. Jika tahapan diatas sudah anda lalui maka windows 10 pada komputer anda pun sudah siap digunakan.

Selamat mencoba..., Jangan sungkan apabila ada kendala atau pertanyaan seputar Install Windows via Flashdisk.


Emoticon Emoticon