Monday, December 5, 2016

Bahaya Virus Trojan dan Cara Mengatasinya



Meskipun sudah dibuat anti virus, nyatanya para pengguna komputer tidak pernah benar – benar bebas dari ancaman virus. Salah satu virus yang berbahaya dan terus mengancam para pengguna komputer hingga kini ialah trojan. Virus yang menyebar melalui hardisk, flashdisk atau koneksi internet ini memang banyak ditakuti oleh para pengguna komputer.

Bahaya Virus Trojan dan Cara Mengatasinya

Bahaya virus trojan

Seperti yang telah disebutkan di atas, virus trojan dapat menyebar melalui flashdisk, hardisk, install software, aktivitas browsing, dan melalui email. Jika sebuah komputer telah terinfeksi virus trojan, komputer tersebut akan berubah menjadi sangat lemot dan tidak responsif. Bahkan pada kasus yang lebih parah trojan dapat mencuri data – data penting yang tersimpan di dalam hardisk anda.

Tidak hanya itu, virus trojan juga mampu merusak sistem operasi sebuah komputer. Virus ini dapat mempengaruhi secara total aktivitas OS pada komputer yang terinfeksi.

Cara menghilangkan atau menanggulangi virus trojan

1. Uninstall program aneh dan tak dikenal

Trojan yang menginfeksi sebuah komputer biasanya menginstall program secara diam – diam. Alih – alih menginstall program berguna, virus ini hanya menginstall program untuk memenuhi memori anda serta menanamkan virusnya pada hardisk anda. Hal ini tentu membuat komputer anda semakin berjalan lambat.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pengecekan secara berkala dan uninstall program yang anda anggap aneh dan tidak dikenal. Anda juga harus terus melakukan pengecekan sampai jangka waktu tertentu setelah trojan hilang karena biasanya virus ini masih meninggalkan jejak.

2. Jangan membuka email aneh dan tak dikenal

Penyebaran trojan sering dilakukan melalui email. Untuk menghindari infeksi virus trojan, anda dituntut untuk lebih cermat dalam memeriksa inbox email. Perhatikan betul – betul subjek dan pengirimnya. Jika anda merasa janggal dan tidak mengenali email tersebut, sebaiknya segera hapus dan jangan coba – coba membuka lampirannya. Karena pada lampiran itu lah sang hacker menyimpan virusnya.

3. Update anti virus pada komputer anda

Jika komputer anda sudah terlanjur terinfeksi trojan. Maka yang bisa anda lakukan adalah segera mengupdate definisi virus pada anti virus yang terinstall di komputer tersebut. Hal ini dapat membantu anti virus untuk mengenali trojan yang sedang menginfeksi komputer anda dan segera menyingkirkannya.

4. Cek pada registry editor

Anda bisa mengecek virus trojan yang menginfeksi dengan memeriksa registry editor. Untuk membuka fitur ini, tekan Win + R untuk Run lalu ketikkan HKEY_CURRENT_USER. Setelah registry editor terbuka, anda bisa melihat program apa saja yang terinstall pada PC anda.

Jika terdeteksi ada program yang secara tiba – tiba terinstall tanpa sepengetahuan anda, segeralah hapus program tersebut. Jika anda masih ragu, anda bisa mencari informasi terkait nama program tersebut di Google untuk memastikan bahwa itu trojan atau bukan.

5. Scan dalam keadaan safe mode

Jika trojan sudah menginfeksi komputer terlalu parah, maka jalan terakhir yang harus dilakukan adalah melakukan scan total komputer anda dengan menggunakan anti virus terbaru. Namun sebelum itu ada baiknya setting komputer anda pada safe mode dengan menekan tombol F8.

Dengan cara ini kemungkinan besar virus trojan bisa dibersihkan total. Namun ingat, anti virus yang digunakan harus sudah benar – benar terbaru dan update definisi virusnya.

Nah itu dia di atas sedikit informasi tentang bahaya virus trojan serta cara mengatasi dan mencegahnya. Semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon