Monday, June 12, 2017

7 Ciri-Ciri Browser Kena Virus / Malware dan Cara Mengatasinya


Pernahkah anda mengalami saat, di mana komputer anda saat di gunakan browsing terasa lemot, atau lambat laodingnya, tidak seperti biasa. Padahal saat itu koneksi internet lagi bagus dan stabil? Nah jika anda mengalami hal demikian, bisa jadi komputer anda sedang terkena virus atau malware. Seperti yang kita tahu, virus bisa menyerang program atau aplikasi ataupun sistem pada komputer anda, dan tanpa terkecuali, browser yang anda gunakan pun. bisa juga menjadi sasarang virus. Nah, untuk memastikan masalah tersebut, sebaiknya perhatikan hal-hal di bawah ini pada browser anda.

7 ciri Virus menyerang di browser

7 Ciri Ciri Browser Kena Virus / Malware yang Harus Anda Waspadai


1. Browser Anda menjadi sangat lambat serta lemot saat melakukan startup

Hal pertama yang menandakan browser Anda terkena virus yaitu browser menjadi lemot saat startup, atau saat baru akan dijalankan pertama kali. Hal ini akan Anda rasakan, terutama saat komputer atau PC Anda sebenarnya tidak pernah lemot sebelumnya. Hal ini terjadi karena disebabkan virus yang membebani komputr anda, terutama saat direktori dari web browser anda, sehingga hal ini terjadi dan menyebabkan web browser Anda menjadi lemot saat akan startup pertama kali. Kejadian seperti ini akan membuat Anda merasa kesal, dan dapat memicu Anda untuk membuka browser berkali – kali, sehingga nantinya akan menyebabkan error pada komputer anda, dan banyak muncul window browser yang tidak dikehendaki.

2. Munculnya beberapa tab baru atau window baru secara tidak wajar pada komputer anda

Saat Anda melakukan browsing menggunakan web browser biasanya terdapat beberapa fitur yang penting, misalnya fitur new tab dan new window. Tujuan dari fungsi dan juga fitur ini yaitu untuk memungkinkan Anda sebagai user, agar bisa membuka link tertentu di dalam tab mauupun di dalam window baru. Hal seperti ini bisa kita lakukan saat kita mengklik option open in new window atau open in new tab. 

Namun terkadang, saat Anda mengklik suatu link (tanpa mengkilk opsi open in new tab atau window) malahan ada tab dan juga window baru yang terbuka secara tidak wajar. Sealain itu lebih menyebalkannya lagi saat window maupun tab baru yang terbuka ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan link yang akan Anda buka. Keadaan seperti ini merupakan salah satu pertanda yang bisa mengindikasikan kalau browser adna sedang terinfeksi oleh virus.

3. Halaman awal atau homepage pada browser Anda berganti menjadi situs lain, padahal Anda tidak melakukan penyetelan tertentu pada browser

Jika Anda menggunakan web browser, dan tentunya Anda sudah hapal dengan homepage atau halaman awal dari browser anda, browser seperti safari, chrome dan lain sebagainya memiliki konfigurasi yang deafault pada homepage atau halaman awalnya. Atau Anda juga dapat melakukan kustomisasi, jadi halaman awal dari browser kita menjadi situs favorit kita yang biasa kita kunjungi. Namun, virus yang ada di dalam browser akan dapat menyebabkan halaman awal atau homepage ini berubah. Anda tidak pernah mengubahnya, tetapi ternyata berubah. Hal ini merupakan salah satu pekerjaan dari virus,biasanya virus ini muncul saat Anda mendownload konten, atau bisa jadi karena menginstall konten dari situs – situs yang mungkin sangat rawan akan virus.

4. Loading website atau situs menjadi berat, lama serta lemot, padahal ping kecil

Saat Anda sedang melakukan browsing tiba-tiba mendadak terjadi gejala lemot pada koneksi di dalam browser, pasti Anda akan menyalahkan koneksi dari provider yang Anda gunakan. Namun ternyata koneksi terlihat stabil saat dideteksi, serta ping pun terhitung rendah. Hal mungkin saja merupakan salah satu indikasi karena virus yang masuk di dalam browser anda. 

5. Toolbar pada browser akan terinstall bookmark atau aplikasi tambahan, yang sama sekali tidak Anda ketahui dan tidak Anda install

Fitur penting lainnya yang seringditemui di dalam sebuah web browser yaitu fitur bookmark serta fitur toolbar. Toolbar yang dimaksudmerupakan fitur dimana Anda dapat menyimpan sebuah link atau fitur tertentu di dalam browser, jadi nantinya Anda tinggal mengklik toolbar tersebut. Biasanya toolbar akan muncul sendiri saat andamelakukan konfigurasi, atau Anda dapat menginstall aplikasi yang dapat mendukungnya. Namun demikian terkadang Anda juga akan melihat ada toolbar yang asing, dan juga tidak pernah Anda install sama sekali sebenarnya yang muncul di browser anda. Hal ini kemungkinan sebagai salah satu indikasi browser Anda terserang virus.

6. Browser sering mengalami crash secara tidak wajar

Crash adalah suatu kondisi saat aplikasi yang sedang berjalan mengalami malfungsi, menyebabkan file serta sistem yang ada tidak dapat berjalan sebagai mana mestinya. Intinya, crash dapat Anda samakan dengan istilah error. Crash pada browser hanya dapat terjadi pada website tertentu saja, dan tidak akan terjadi setiap saat. Jika Anda memiliki browser yang sering mengalami crash, apalagi crash yang tidak wajar, hal ini bisa jadi merupakan salah satu pertanda kalau web browser Anda sudah terinfeksi oleh virus.

7. Muncul iklan sangat mengganggu karena tata letaknya yang tidak beraturan (bukan merupakan iklan yang ada di dalam situs tertentu)

Kemunculan iklan pada website saat kita melakukan browsing merupakan hal yang sangat wajar, namun jika munculnya iklan tersebut sudah tidak wajar maka keadaan tersebut dapat menjadi pertanda kalau web browser Anda terserang virus.

Cara Mengatasi Browser yang Terkena Virus / Malware


1. Jika menggunakan chrome maka lihat ekstensi applikasi plugin yang terinstal.

Pilihlah alat lainnya dan klik ekstensi, kemudian cek dan lihat apakah ada ekstensi yang aneh atau sebelumnya anda tidak merasa pernah menginstalnya. Jika Anda merasa tidak pernah menginstal plugin tersebut, sebaiknya Anda segera menghapus ekstensi mencurigakan tersebut. Kemudian, cek ulang ekstensi sejenis dan juga lakukan penghapusan hingga bersih dan tidak tersisa lagi ekstensi yang terindikasi malware / virus pada web browser anda.

2. Lihat control panel program pada komputer anda.

Control panel terkadang sudah terinstal secara otomatis oleh program jahat yang dapat menyebabkan browser Anda terserang malware / virus. Bagaimana cara mengetahuinnya ? sebagai pemilik komputer atau laptop, pasti Anda masih mengingat kapan terakhir kali Anda menginstall program di laptop Anda kan. Nah kemudian silakan sort program yang paling terakhir di install. Kalau ada keanehan, misalnya ada program terinstal tanpa sepengetahuan anda, maka sebaiknya langsung remove atau langsung uninstall aplikasi yang aneh tersebut .

Demikian di atas 7 ciri ciri browser kena virus / malware dan juga cara terbaik untuk mengatasinya. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan menjadi solusi dari terjangkitnya virus pada komputer anda. 


Emoticon Emoticon