Monday, August 29, 2016

Cara membuat Penyorot data Terstrukur di Webmaster Tools



Bagi pemilik Blog atau situs tentu saja ingin artikelnya selalu beradda di peringkat pertama mesin pencari, entah itu Google search, Bing, Yandex dan lain sebagainya. Para pemilik situs pastinya sedikit banyak harus tahu bagaimana melakukan optimasi blog atau situsnya dengan memanfaatkan Search console Webmaster yang disediakan oleh pihak google secara gratis.

penyorot data webmaster

Bicara mengenai Webmaster tool, sebenarnya banyak sekali yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik situs sebagai alat optimasi yang disarankan oleh pihak google agar artikel-artikel yang disuguhkan bisa masuk dalam ranking pertama search engine. Siapa sih yang tidak suka kalau seluruh artikelnya masuk dalam posisi paling menjanjikan untuk dilihat oleh pengunjung mesin pencari ?

Webmaster tool menyediakan berbagai senjata yang mujarab untuk semua yang berkaitan dengan data penelusuran, penyempuranaan HTML, Lalu lintas penelusuran, Indeks artikel, serta optimasi Perayapan yang bisa dimanfaatkan seluruh webmaster secara cuma-cuma.

Pada topik kali ini admin akan fokus pada salah satu Tool yang terkadang luput dari perhatian pemilik blog yaitu Membuat Penyorot Data atau Data Highlighter. Apa maksudnya dan apa kegunaan dari Data highlighter sebenarnya untuk situs kita ?

Penyorot data sebagai alat yang ditawarkan oleh pihak google di webmaster console yang berguna untuk memberikan informasi yang jelas terhadap kandungan, tata letak dan isi sebuah situs, dimana nantinya Mesin perayap google akan dengan mudah mengenali bagaimana dan apa saja yang anda sajikan ketika penelusuran berhasil menyajikan data di halaman pencarian.

Masih bingung ?, tenang saja, admin akan memberikan penjelasan yang simple dan tentunya bisa difahami dengan mudah. Ketika ada seseorang yang mencari sesuatu informasi di google search maka nantinya informasi yang berkaitan erat dengan apa yang dicari pengunjung akan ditampilkan dengan informasi yang yang tepat.

Semua informasi yang nantinya anda sorot di artikel atau isi situs akan menjadi acuan mesin perayap untuk membuat plot mengenai apa saja yang anda sajikan. mesin pencari tidak akan rancu dalam mengartikan data yang anda sajikan seperti Judul, label (Tag), Gambar, waktu pengunggahan artikel, rating dan juga pengarangnya.

Intinya, data highlighter berfungsi membuat peta terstruktur terhadap isi artikel yang anda sajikan dengan tepat. Penyorotan judul tidak akan rancu dengan isi artikel, gambar tidak akan salah disorot sebagai label dan lain sebagainya.

Nah, bagi sobat semua yang masih bingung dengan cara melakukan penyorotan data agar situs anda mempunyai data terstruktur yang diinginkan pihak google search, silahkan simak caranya di bawah ini.

Cara meyorot data pada Tampilan penelusuran Webmaster Tools :

1. Silahkan buka webmaster Tools di pernagkat komputer anda, Login menggunakan akun blog yang anda miliki.

2. Klik tab 'Tampilan penelusuran' dan pilih Penyorot data (data highlighter)

3. Pada saat anda mulai pertama kali mengaktifkan opsi ini akan tampil halaman tentang penjelasan bagaimana adan apa itu penyorot data. Silahkan klik tombol 'mulai menyorot' ( lihat gambar)

mulai menyorot data di webmaster

4. Akan tampil popup form yang mengharuskan anda mengisi data seperti Url, Jenis data, dan pemilihan Tag. Silahkan masukkan salah satu alamat Url artikel situs anda, Kemudian pilih jenis Url yang anda ketik tadinya, dalam contoh di bawah saya memilih jenis artikel karena memang isi postingan berisi artikel. Kemudian pilih 'Tag laman ini dan lainnya yang serupa'. Lalu klik tombol oke.

opsi isian form data webmaster

5. Mulailah menyorot data, Mulai dari Judul artikel anda, silahkan Sorot judul dengan menggunakan mouse. Setelah anda melepaskan mouse akan tampil opsi menu popup yang berisi pilihan Jenis data atau teks apa yang tadinya anda sorot. Karena kita menyorot Judul artikel maka pilih opsi Judul.

mulai menyorot data artikel

6. Lakukan hal serupa pada halaman artikel anda, Sorotlah data yang sesuai letaknya seperti Pengarang, Tanggal publikasi, Gambar, Kategori dan rating.

7. Bila ada kesalahan dalam menyorot, anda bisa melakukan delete dan menggantinya dengan yang data yang tepat. Lakukan dengan teliti dan jangan salah pilih ya...

8. Setelah yakin dengan apa yang anda inputkan, silahkan klik tombol 'Berikutnya'.

data highlighter

9. Nantinya akan tampil Halaman yang menginformasikan tentang kumpulan halaman yang terdeteksi sama data strukturnya dengan yang anda inputkan tadi. Silahkan beri nama dan langsung klik tombol 'Buat kelompok halaman'.

membuat kelompok halaman data penyorot webmaster

10. nantinya akan muncul lagi halaman dengan judul dan url lain yang perlu anda sorot agar peta data sesuai dengan yang diinginkan. mulailah menyorot data lainnya sampai kira-kira ada 5 halaman yang perlu anda pastikan kebenaran srtukturnya.

11. Setelah selesai, silahkan klik tombol 'Selesai'.

selesai menyorot data

12. Bila search cnsole mendeteksi adanya kekurangan data yang perlu diperbaiki maka akan muncul lagi halaman ddari url lainnya yang perlu anda sorot lagi, hal ini bertujuan untuk meyakinkan google bahwa sorotan yang anda lakukan benar-benar valid. Lakukan dengan sabar sampai tuntas... Blogger harus sabar dong...hehe

13. Setelah semua sesuai dengan keinginan maka tekan saja tombol Publikasikan.

publikasikan data highlighter

14. Selesai dan anda tinggal menunggu agar mesin perayap menelusuri halaman anda.

Dengan melakukan langkah-langkah diatas, anda sudah mempunyai modal lain selain optimasi dari segi sitemap atau pengoptimalan dari sudut data kode HTML anda. Semua yang ditawarkan oleh webmaster tools tentu tidak akan sia-sia untuk dicoba, dijalankan dan dioptimasi agar sesuai dengan standar webmaster Google.

Mungkin saya cukupkan disini dulu tutorial tentang data highlighter, Semoga bermanfaat.

2 komentar

apakah semua artikel harus disorot? Ataukah seperti apa?

saya baru tau tentang hal ini, thanks infonya ya, mau coba dulu :)


Emoticon Emoticon