Wednesday, April 27, 2016

Page Level Ads format baru iklan Adsense


Kembali Penyedia Iklan Google adsense membuat suatu terobosan baru dalam hal format iklan. Dimana sebelumnya para publisher hanya tahu jenis iklan Format banner dan tautan link sebagai jenis iklan standart adsense, namun saat ini walau dalam tahap beta google adsense mengeluarkan produknya berupa jenis iklan tingkat halaman ( Page level ads ). Dimana bentuk iklan khusus ini hanya tampak pada situs-situs yang telah mengadopsi tampilan selular ( mobile friendly ).

Ditilik dari bentuk atau format iklan yang ditampilkan memang persis seperti apa yang ada pada tampilan iklan versi aplikasi smartphone. Kalu dalam iklan admob ada jenis iklan banner dan Interstitial maka di versi non admob pihak google adsense menamakan kedua format iklan dengan nama anchor ( overlay ) ads dan Vignette ads. di bawah ini adalah penjelasan tentang kedua format iklan terbaru dari google adsense tersebut.

1. Anchor / overlay ads

Format iklan ini bisa disebut sebagai iklan hamparan atau ada yang menamakan dengan stiky ads karena sifatnya melayang di halaman tanpa menghalangi tampilan isi konten situs yang ada.

anchor ads google ads format

Iklan hamparan ini mempunyai menurut pihak adsense, ditampilkan pada waktu yang optimal untuk membantu meningkatkan pendapatan dan pengalaman publisher. dan yang lebih menarik lagi, para publisher tidak perlu mencopot atau mengurangi jumlah iklan yang ada sebelumnya karena iklan tingkat halaman tidak diperhitungkan dalam batas tiga iklan per halaman.

2. Vignette ads

iklan jenis ini biasa disebut sebagai format iklan interstitial ( vinyet ), dimana iklan ini mempunyai ciri-ciri menutupi seluruh halaman selular namun dapat dilewati oleh pengguna smartphone karena ada tombol close di pojok tampilannya.

Sama seperti jenis iklan hamparan ( anchor ads ), iklan jenis ini juga berpotensi menambah pendapatan publisher. Jumlah iklan yang ditampilkan ke setiap pengunjung hanya satu kali per pengunjung unik persis seperti pada versi iklan admob. Iklan ini hanya akan tampak ketika pengunjung meninggalkan halaman bukan pada saat halaman dimuat sehingga tidak membebani loading situs secara keseluruhan. Untuk jenis iklan vignette ini juga tidak berpengaruh pada batas 3 iklan perhalaman yang telah ditetapkan oleh pihak adsense.

Untuk lebih jelas tentang bagaimana aturan dan seluk beluk format iklan anchor dan vignette silahkan kunjungi halaman support adsense disini.

Kedua jenis format iklan terbaru dari google adsense diatas menurut pihak google hanya tampil pada versi selular kelas atas. Jadi tidak semua pengunjung situs bisa melihat hamparan iklan maupun jenis iklan interstitial layaknya versi admob di aplikasi-aplikasi mobile.

Nah, tunggu apa lagi, cobalah sekarang juga untuk memasang format iklan overlay maupun vignette agar pendapatan sobat publisher bisa meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah trafik yang semakin tinggi pula tentunya.


Emoticon Emoticon