Wednesday, March 23, 2016

Percepat Loading Blog dengan Hapus Sebagian Kode ADSENSE



Kecepatan loading suatu blog menjadi perhatian khusus ketika ingin pengunjung betah dan berlama-lama dalam menelusuri setiap artikel yang ingin dibaca. Apalagi bagi para publisher adsense, tentunya sangat penting memperhatikan kecepatan loading halaman agar semua tampilan iklan sempurna ditampakkan ke pembaca di sela artikel yang sudah termuat terlebih dahulu. Banyak kasus dimana iklan gagal muat pada di bagian tertentu karena terlalu banyaknya iklan adsense yang harus di loading dalam satu halaman.

Apalagi sekarang ini rata-rata statistik blog ditempati ranking pertama dalam hal perangkat akses dari ponsel pintar ( smartphone ). Namun tidak semua pemilik samartphone mempunyai sambungan data stabil yang akan mengcover seluruh permintaan data dari satu halaman blog yang dikunjungi. Addakalanya pengunjung hanya melihat deretan artikel blog namun tidak mendapati adanya iklan karena gagalnya loading iklan adsense. Yang tampak hanya tampilan frame kotak abu-abu pertanda iklan gagal di loading.

hapus script adsense

Sebenarnya sudah banyak yang membahas tentang bagaimana mempercepat loading blog dari sisi script iklan. Dengan kata lain, ada trik khusus agar load blog bisa dipercepat hanya dengan memanipulasi script iklan yang ada ( dalam hal ini iklan google adsense ). Namun banyak kekhawatiran bagi para pemilik akun adsense tentang apakah boleh melakukan perubahan pada script iklan ?, jawabannya boleh asal tidak merubah script yang ada. Lho maksudnya gimana ? lanjut yuk bacanya...hehe

Memang TOS google adsense tidak mengijinkan adanya perubahan sedikitpun terhadap script iklan. Namun disini kita tidak akan merubah script yang ada, tidak memanipulasi, tidak menambah-nambah kode yang memang itu dilarang oleh google adsense. Sekarang kita lihat dahulu bagaimana bentuk script adsense itu sendiri, lihat contoh di bawah ini.

script adsense

Nah, ada file js di awal kode iklan yang pasti sudah biasa anda lihat bukan (file java yang saya beri tanda biru) ?, disinilah letak permasalahan loading blog bisa sedikit 'terhambat' bila banyak iklan google yang tertempel dan harus me-loading ulang file javascript (js) sebelum iklan ditampilkan. Di implementasinya, file javascript tersebut dipanggil satu kali ketika suatu halaman dipanggil. file java tersebut untuk mempersiapkan kode iklan yang nantinya ditampilkan di seluruh halaman.

Secara bahasa mudahnya, apabila satu file java tersebut sudah dipanggil maka seluruh iklan di urutan bawahnya akan otomatis ikut dalam rangkaian script tersebut. Jadi hanya perlu satu file di urutan paling atas dan kode iklan lainnya tidak perlu lagi ditempel file JS tersebut. Efeknya akan bisa dirasakan, semakin banyak iklan yang disematkan maka iklan-iklan tersebut tidak akan membaca ulang file java karena sudah terloading di awal halaman.

Pertanyaannya, kode mana yang perlu dihapus dan bagaimana implementasinya di blog ayng terpasang iklan adsense ?, silahkan simak caranya dibawah ini.

1. Cara yang paling mudah adalah dengan mengetahui letak iklan mana di blog anda yang paling atas sendiri, suatu contoh bila iklan paling atas ada di bawah judul maka biarkan saja kode iklan adsense seperti apa adanya. karena di dalam script iklan adsense tersebut sudah ada file javascript yang nanti berguna untuk meloading script iklan di bawahnya.

2. Selanjutnya, untuk iklan urutan dibawahnya, anda hanya perlu menghapus script java. jadi hapus script yang ini :
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
3. Jika sudah menghapus seluruh kode java tersebut silahkan simpan perubahan yang ada dan silahkan anda lihat, bila berhasil ( tidak ada kesalahan delete ) maka iklan akan muncul semua seperti sedia kala.

Sebenarnya anda bisa meletakkan kode java tersebut terpisah dari script iklan adsense, letakkan pada bagian atas sendiri, setelah/bagian <Head>  di template sobat, dan semua kode iklan tidak usah diberi script JS tersebut pasti sudah terloading dengan sempurna.

Dengan cara diatas, anda akan merasakan bagaimana performa loading blog anda semakin meningkat hanya karena tidak melakukan pembacaan file javascript secara berulang di setiap iklan yang akan tampil. Keterlihatan iklan juga akan meningkat seiring suksesnya iklan nongol di halaman yang terbuka. Semoga sedikit tips diatas bermanfaat untuk sobat semua.


Emoticon Emoticon