Monday, March 14, 2016

Cara Baru Nonaktifkan Pelacakan Tayangan statistik Blogger


Bagi para Blogger pemula yang baru saja terjun ke dunia tulis menulis via dunia maya tentunya ingin semua seluk beluk platform yang dijadikan tempat ngeBlog diserap habis ilmunya. Mulai dari mengenali beberapa fungsi menu yang ada di halaman blogger seperti menu Ikhtisar, Pos, Laman, Tata letak, Template, menu setelan dan beberapa anak menu lainnya. Terkadang blogger pemula yang baru saja melakukan posting suatu artikel merasa senang dengan tulisannya dan tidak disadari selalu membuka halaman postingan tersebut untuk meyakinkan diri apakah postingannya sudah tepat.

Dari kebiasaan blogger membuka postingannya sendiri itulah statistik pelacakan akan muncul di dasboard ikhtisar penayangan. Bahkan karena senangnya, beberapa blogger pemula tidak sadar kalau nilai angka di ikhtisar penayangan dihasilkan dari hasil klik atau kunjungan dari perangkatnya sendiri. Ada teman blogger yang baru saja mulai blogging menunjukkan kepada saya bahwa statistik kunjungan halamannya menunjukkan angka yang besar, dan setelah saya tanya apakah postingannya selalu dilihat sendiri ternyata teman saya tersebut mengaku kalau sering membaca-baca dan membuka postingannya. 

Setelah saya beritahu kalau ada settingan khusus di blog agar halaman yang di buka oleh perangkatnya tidak terlacak, seketika itu pula statistiknya menurun tajam. Mungkin pengalaman yang saya yakin banyak sekali blogger pemula belum tahu cara melakukan setting agar tayangan tidak akan dihitung oleh statistik blogger miliknya.

Kali ini admin akan memberikan tips untuk blogger agar pelacakan halaman postingan tidak disertakan dalam statistik penayangan, yuk disimak caranya di bawah ini.

1. Silahkan masuk ke akun blogger milik anda

2. Setelah dasboard Blog terlihat, silahkan klik Menu Statistik --> Ikhtisar.

3. Lihat di samping kanan, di bilah statistik penayangan ada menu 'Mengelola pelacakan tayangan laman Anda sendiri', silahkan klik dan akan terbuka halaman di tab baru.

mengelola pelacakan tayangan laman

4. Silahkan beri tanda centang pada opsi 'don't track my views for this Blog'

mengelola pelacakan tayangan laman

5. Tutup kembali tampilan yang ada, dan silahkan dicoba pasti halaman postingan yang anda buka tidak akan terlacak lagi oleh statistik penayangan Blog.

Dengan melakukan centang terhadap opsi agar tidak melakukan pelacakan tayangan maka cookies browser akan melakukan aksi blokir terhadap akses tayangan halaman dari perangkat yang anda gunakan. Cookie tersebut masih tetap berlaku sampai anda membersihkan kuki browser dengan manual atau dengan perantara software tertentu seperti CCleaner dan sejenisnya.

3 komentar

Saya sudah melakukan seperti yang sudah di jelaskan dengan memberi centang tapi waktu saya buka lagi centangnya sudah tidak ada.
apakah pengaturannya sudah tersimpan,meskipun centangnya sudah tidak ada lagi

Saya juga punya masalah yang sama, adakah cara yang lain? Thanks


Emoticon Emoticon