Friday, November 6, 2015

Pemicu Kegagalan Blogger daftar Adsense



Bila ada pertanyaan, Berapa kali anda mendaftar Google adsense dan berapa kali pula anda pernah ditolak ?. mungkin saja banyak sekali jawaban dengan berbagai spekulasi yang beredar. ada yang satu kali daftar langsung diterima oleh Tuan adsense, ada yang daftar puluhan kali baru diterima, bahkan sampai daftar berkali kali dan ditolaknyapun berkali-kali pula. Mungkin juga masih ada yang belum pernah sama sekali merasakan sensasi mendaftar 'lowongan kerja' google adsense ?, tentu banyak sekali.

Bagi seorang Blogger maupun pemilik situs, dalam hal ini saya batasi dalam kata 'blogger' saja biar santai kedengarannya walau platform yang digunakan bisa non Blogger. Para blogger dari yang pernah saya lihat di berbagai forum maupun social media berlomba-lomba mempertanyakan bagaimana proses agar lolos dari tahap penyaringan pertama ketika ingin menjadi publisher google adsense. Tentunya dengan berbagai jawaban pula para blogger lain yang lebih senior akan menjawab dengan berbagai versi, pengalaman serta pengetahuan yang mereka miliki agar para member yang bertanya merasa puas dan sesegera mungkin melaksanakan berbagai tips dan instruksi yang telah diberikan.

google adsense


Persoalannya bukan berhenti sampai disana sebenarnya, saya sendiri ( independent ) berpendapat betapa banyak para pemilik blog maupun situs yang 'tidak sabaran' ingin mendaftarkan blog-nya ketika persyaratan utama yang telah jelas di undangkan oleh pihak adsense untuk dipatuhi terlebih dahulu dengan serta merta mendaftarkan diri menjadi publisher. Apa yang terjadi ?, banyak sekali permohonan yang ditolak dengan alasan klasik yaitu konten tidak memadai, tidak sesuai mutu webmaster, umur blog kurang, pencarian organik sedikit dan lain sebagainya.
Padahal, Bila para pemilik blog bisa bersabar sedikit saja pasti 'keajaiban' itu akan muncul. Kalu boleh saya beropini, banyak blogger yang mengalami penolakan oleh pihak google adsense ada pada kriteria berikut ini.

1. Konten kurang memadai. Disinilah letak poin penting dari keikutsertaan di google adsense. Konten is King, isi artikel adalah raja dari keseluruhan situs itu sendiri. Pengiklan tidak akan mau mengeluarkan uang yang tidak sedikit hanya untuk menampilkan iklan di halaman-halaman yang miskin akan konten yang bermanfaat. Mesin perayap mungkin tidak akan bisa membedakan apakah tulisan itu bermanfaat atau tidak, namun algoritma setiap mesin perayap memungkinkan deteksi terhadap konten yang unik, memenuhi syarat panjang artikel dan tentu saja tidak ada Duplikat konten dari situs lainnya. Disitulah artikel anda sangat berpengaruh terhadap pendaftaran pertama di google adsense.

2. Sering berganti Template. Sebenarnya ganti template bukanlah sesuatu yang dilarang malah dianjurkan untuk memperoleh tampilan yang cocok menurut isi sebuah situs dengan tema tertentu. Namun dari pengalaman beberapa blogger yang sudah diterima sebagai mitra adsense memilih template bukanlah sesuatu yang sulit. Template bawaan blogger adalah template paling banyak mendulang peluang agar diterima sebagai mitra google adsense. Walau template bawaan blogger tidak sebagus tampilan template yang beredar di dunia maya saat ini namun di sisi lain memang itulah yang diharapkan oleh google sendiri. Ingat, pengiklan tidaklah menganggap template sebagai acuan utama namun kontenlah yang utama. Jadi tetaplah teguh dengan template dari bawaan blogger sampai pada waktunya nanti anda mendaftar sebagai mitra google sebagai publisher adsense.

3. Navigasi yang minim. Seandainya anda sebagai pengunjung sebuah situs tentu navigasi yang mudah untuk menyusuri setiap detail situs adalah mutlak untuk kenyamanan pengunjung itu sendiri. Dengan navigasi yang jelas maka setiap sudut blog anda akan tereksplore secara maksimal. Navigasi yang jelas dan memudahkan pengguna akan menjadi acuan penting agar diterima sebagai mitra adsense.

4. Terburu-buru mendaftar. Ingatlah bahwa artikel andalah yang akan menentukan diterima tidaknya di adsense. Karena artikel yang bermanfaat dan banyak dicari dari mesin organik penelusuran akan menuai hasil yang maksimal. Berkunjung dari blog satu ke blog lain hanya akan menguras waktu anda daripada menaikkan traffik organik yang seharusnya anda peroleh dari aktifitas menulis. Jadi bersabarlah jangan terburu mendaftar adsense, bila dirasa hasil penelusuran organik sudah memadai dan blog sudah berumur sesuai yang disyaratkan oleh pihak google maka segeralah mendaftar.

5. Mundur sebelum pertarungan dimulai. Betapa banyak blogger menyerah di tengah jalan hanya karena terlalu sering ditolak ketika mendafta sebagai mitra adsense. Semakin anda sering ditolak seharusnya menjadikan pelajaran bagian manakah yang perlu diperbaiki dan perlu mendapat perhatian khusus ketika akan mendaftar ulang nantinya.

6. Malas menulis. ini dia satu-satunya ciri-ciri blogger yang menghambat suksesnya dari diri sendiri. Bayangkan, apakah mau seseorang membayar iklan hanya untuk seorang blogger pemalas ?. Jadi tetaplah menulis, beri konten yang bermanfaat untuk pengunjung dan iklan akan datang kepada anda suatu saat nanti.

Dan masih banyak lagi penghalang-penghalang bagi seorang blogger yang ingin mendapat persetujuan dari google adsense selain hal diatas. Pelajaran yang palng berharga adalah pengalaman, semakin berpengalaman semakin banyak menuai kegagalan maka semakin matang seorang blogger untuk memperbaiki kekurangannya untuk mencapai apa yang diimpikannya sebagai publisher mitra adsense. Semoga bermanfaat.

2 komentar

ane termasuk no 6 om. tapi dikit sih :D

nah itu dia...saya juga masuk kategori blogger no 6...kadang2 sihhh..hehe


Emoticon Emoticon