Saturday, October 24, 2015

Situs diserang Intrusive Advertising Operator selular



Pernahkan di situs atau blog milik anda pada lalu lintas situs perujuk datang dari penyedia jaringan selular seperti telkomsel atau proXL ?. Kalau iya berarti situs anda sudah terkena 'serangan' iklan serobot atau intrusive advertising ( interstitial and off-deck ). Apa dan bagaimana dampaknya iklan serobot dari pemilik operator jaringan selular tersebut terhadap pemilik situs, konsumen serta pihak pengiklan lainnya ?. Yuk ikuti ulasannya di bawah ini.

Akhir-akhir ini traffik berbagai situs atau blog ( tidak semua terdampak ) mengalami traffik situs perujuk dari dua operator besar di Tanah air seperti telkomsel dan ProXL. Saya sendiri sebagai pemilik salah satu blog juga curiga dengan kejadian adanya trafik dari operator selular tersebut. Salah satu contohnya saya berikan screenshoot di bawah ini.

intrusive ads

Dalam gambar diatas, blog milik saya mendapat traffik dari situs perujuk yaitu 'ibnads.xl.co.id'. Dimana bila kita kunjungi situs perujuk tersebut maka hanya halaman kosong berisi tulisan IBN. 

Sebelumnya saya bertanya-tanya mungkin itu merupakan iklan hamparan yang sudah umum dilakukan oleh pihak Telkomsel dari dahulu. Tapi ternyata saya berfikir kalau diteruskan akan berdampak pada kunjungan blog atau situs. mengapa berdampak pada sisi kunjungan atau traffik situs ?

Iklan intrusive tersebut muncul ketika pengunjung situs ingin masuk ke situs kita namun dihalangi dahulu dengan iklan hamparan ( iklan menyerobot memenuhi halaman layar ). Dampaknya tentu pada sisi kunjungan situs, logikanya bila pengunjung ingin masuk situs anda dan ada iklan yang tiba-tiba muncul maka kemungkinan besar pengunjung tersebut akan menutup tab browser dan mencari situs lainnya. 

ads intrusive

Pengunjung bukanlah tipe pencari iklan namun pencari rujukan untuk artikel yang dituju. Bila dari mesin pencari pengunjung mendapat link menuju situs kita dan dihalangi oleh iklan hamparan maka pengunjung yang tidak sabaran atau ingin cepat-cepat mendapat informasi situs akan meninggalkan halaman tersebut.

Walaupun intrusive advertising hanya muncul beberapa detik tetap saja hal tersebut sebagai pengganggu dan merugikan bagi beberapa pihak, seperti konsumen, pemilik situs dan pihak pengiklan lainnya.

Bagi konsumen pengguna kartu operator tersebut dianggap mengganggu kenyamanan konsumen ketika melakukan browsing penjelajahan situs. Operator selular juga tidak transparan dalam melakukan manuver iklan ke pihak konsumen. Perjanjian perihal iklan tersebut antara pihak operator dan konsumen juga tidak mempunyai opsi khusus.

Bagi pengiklan, tentu saja akan menghalangi tingkat kompetitif dari iklan-iklan kreatif milik mereka. Bagaimana tidak, bila di awal browsing saja pengguna sudah disuguhi dengan iklan tanpa permisi kemungkinan besar iklan di situs tidak akan mencapai target yang diinginkan.

Bagi anda pemilik situs maupun konsumen yang merasa dirugikan atau tidak senang dengan adanya iklan serobot milik kedua operator selular diatas silahkan ajukan petisi dan tanda tangan digital anda melalui situs www.stoptelcointrusiveads.com. di situs tersebut pemilik situs, pengguna, maupun penyelenggara advertising online bisa bergabung untuk protes agar iklan intrusive tersebut dihapus atau ditiadakan. 

Pertanyaannya, bagaimana dengan kondisi situs atau blog sobat ?, apakah ada traffik yang berasal dari sitis perujuk iklan serobot milik telkomsel dan XL ?.anda merasa dirugikan atau malah sebaliknya ?...monggo komentarnya ya..hehe

4 komentar

kalo sayah kayanya belum ada mas. saya kira kalo g di pasang oleh kita ga akan muncul yang beginian mas. jadi bisa muncul ya tanpa keinginan kita

Itu yg masang bukan kita mas, itu iklan serobot yg biasanya dilakukan oleh telkomsel sama XL...jd yg ingin browsing tapi menggunakan kartu telkmsl atau XL biasanya ada popup iklan pihak mereka sebwlum akhirnya menuju situs yg dituju

Oooo ternyata ibnads seperti itu ya, kemaren2 baru sadar ternyata ada entry ibnads.

Ini jelas sangat merugikan blogger nih, pengunjung pasti kabur kalo belum buka situs kita langsung d kasi iklan. Saya aja berusaha supaya iklan di blog ga ganggu pembaca, mereka malah seenaknya pasang iklan bahkan sampai mengganggu.

bner mas...sungguh menjengkelkan itu punya XL hehe


Emoticon Emoticon