Friday, October 9, 2015

Penulis Blog antara Uang dan Kepuasan



Bicara Ngeblog, blogger, nulis artikel, Kode HTML, traffik blog, adsense dan lain sebagainya. Sesuatu yang dikerjakan bersungguh-sungguh akan menghasilkan ending yang diharapkan, itu tentu yang sering kita dengar dari orang tua, guru maupun dari para motivator di sekitar kita. Benarkah ?, tentu tidak ada yang dapat menyalahkan pakem yang satu ini. Mengerjakan sesuatu dengan kesungguhan tentu bisa dilihat dari contoh di sekitar kita. Bagi Seorang blogger, Ngeblog adalah aktivitas yang menurut pandangan orang lain bisa bermacam persepsi.

Persepsi dalam tanda kutip disini termasuk pandangan negatif dan pandangan positif. Orang lain yang belum mengerti apa itu blog pasti menganggap pekerjaan orang yang tidak produktif, hanya duduk-duduk saja, kerjanya cuma didepan komputer sambil nyruput segelas kopi dan lain sebagainya. Namun bagi orang yang sudah mengenal aktifitas blogger tentu pandangannya akan lain, Mereka punya pandangan kalau aktifitas ngeblog termasuk aktifitas yang kreatif, berguna dan tidak sia-sia, bermanfaat bagi orang lain dan tentu endingnya bisa menghasilkan isi dompet.

Lho kok ujung-ujungnya isi dompet ?, tidak dipungkiri, aktifitas blogging dengan segala aktifitasnya merupakan pekerjaan yang menyenangkan, menantang sekaligus menghasilkan. Bagi seorang blogger yang hanya ingin 'fun' tentu endingnya dia akan mendapat 'fun'. bila blogger ingin uang tentu dia bisa dan terbuka lebar jalan untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Tujuan menentukan ending dari hasil yang dituju.

Ada seorang blogger yang kerjaannya hanya nulis melulu dengan tingkat imajinasi dan tingkat kreatifitasnya. tentu bisa ditebak, dialah seorang blogger yang ingin menyimpan memori ilmunya melalui sebuah tulisan untuk tujuan dirinya dan orang lain. Blogger yang menumpahkan segala uneg-unegnya melalui tulisan yang bisa diperatanggungjawabkan akan lebih mempunyai sisi kepuasan tersendiri dibanding blogger yang hanya menentukan tujuan untuk lembaran-lembaran uang. Apakah seperti itu ?

Blogger dengan tujuan hanya uang, rata-rata dia menulis dengan ketidak sungguhan, maksudnya bisa saja dia menulis beratus-ratus artikel namun nilai kepuasan di hati hanya diukur dengan uang. apabila uang tidak kunjung didapat atau juga bila jumlah uang tidak memenuhi standart yang ditujunya maka hasilnya bisa ditebak, stres meningkat, ketidak tenangan, dan kondisinya akan semakin terlihat 'kacau'.

Namun bila Blogger atau sang penulis bertujuan menumpahkan keahliannya di media artikel dengan cerdas, senang menulis, agar bermanfaat bagi yang membaca tentu endingnya akan bisa anda lihat, sang blogger akan merasa lebih tenang dan lebih percaya diri. Ujung-ujungnya apa ? ujungnya sang blogger bisa secara mudah mendapatkan uang dari apa yang yang tidak dia sangka-sangka yaitu uang.

Contoh, Banyak penulis blog yang dari awal mengejar target untuk mendapat restu diterima menjadi publisher google adsense namun ketika target tulisan terasa memenuhi untuk mendaftar dan tidak diterima sebagai mitra google, dia akan 'loyo' ditengah jalan, tidak semangat dan akhirnya berhenti untuk menulis.

Namun contoh lain dari seorang blogger yang awalnya tidak mengejar target untuk mendaftar mitra adsense dan akhirnya sekali daftar langsung diterima maka akan ada kepuasan tersendiri. Karena memang dari pengalaman beberapa blogger, konten yang berkualitas akan mendatangkan rizki dengan sendirinya. itupun yang admin rasakan sampai saat ini.

Intinya dari artikel diatas adalah, Menulislah dan jangan kejar target untuk mendapat uang terlebih dahulu. Uang akan datang ketika anda dengan 'ikhlash' dan cerdas menumpahkan keahliannya daan ilmu untuk dibagikan via media tulisan kepada pembaca.

Siapa yang tidak senang dengan artikel yang banyak manfaatnya dan asli dari hasil buah fikiran anda sendiri ?, tentu semua orang akan menghormati hasil karya anda. Kata pepatah 'Semua ada prosesnya'... benarkah ? tentu pembaca semua akan meng-amini kata pepatah yang satu ini... semoga bermanfaat.

17 komentar

setuju banget memang menjadi blogger selain kepuasan dan uang yang di harapkan jalinan silaturahmi juga menjadi bagian dari keasikkan jadi penulis/pengelola blog..dunia jadi penuh warna dengan blog

nah itu dia kang cilembu, jalinan silaturrahim antar blogger yg menjadikan kegiatan ngeblog menjadi semakin semangat... pertemanan antar blogger jadi langgeng plus tambah ilmu....

kalau saya sih jujur kang cuma untuk menyalurkan hoby ngeblog saja hehee... mau nulis juga sekedar nya sekalian belajar menulis dan membuat postingan di blog ... :D

ini teh kang farhan tea kan...oo..sekarang udah jadi Gus yo...?

Sstttt jngn bilang2 kalau yg dulu reinkarnasi bang...hhhh...ada gus biar keliatan tambah 'bagus'..hhhh

Hehe...kalau mas eka sih udah jadi blogger tulen...apapun yg ditulis mas eka di blog pasti kereeenn... :D

hasil artikel kejar target ga sebagus hasil artikel dengan kesungguhan ya mas? hehe
intinya nulis itu bertujuan untuk memberikan pengetahuan buat pembaca ya mas..

Nah itu dia beda dari penulis kejar target sama penulis tulen di blog mas... Selalu ada beda dari hasil yg didapatkan...hehe... Semoga saya jd penulis tulen klo bisa.. :D

tapi bener juga sih,, kalau yang gak tahu mah itu pasti akan punya akan anggapan demikian,.. tapi kalau memang tujuannya untuk kesenangan memang akan menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih terutama untuk kepuasan penulis blognya meskipu tak menghasilkan uang tapi hati mereka senang,,,

Tapi kalau memang tujuannya buat uang yah okelah yang pentingkan apa yang mereka tulis tidak asal - asalan dan bisa dipertanggung jawabkan, lagian sekarang banyak orang yang melakukan itu demi uang... tapi ada juga sih yang karena hobi tapi akhirnya juga mereka mendapatkan, bahkan yang memang dilakukan karena kesenangan itu bisa menghasilkan lebih dari pada uang....

jika tujuan awaL bLogging uang maka apapun bentuknya, bLogging nyaris tidak akan memberi pencerahan. dan sebaLiknya, jika tujuan bLogging untuk beLajar maka efek sampingnya uang akan mengikuti :D

Kalau bisa dua2nya seiring sejalan :)

haha, bisa dong mas, kadang lebih ngeri lagi yang blogwalking kejar target. :D
asal komen aja jadinya

setuju sama opsi dan opini mas Ahmad zaelani juga aq ....:) , blogger betulan pasti suatu saat bisa memetik keduanya, kira2 begitu kesimpulannya ya mas... :)

setuju juga nih sama opini om rame.... uangnya pasti ngikut kemana para blogger betulan... :)

setuju...setuju...setujuuuu bangetttt...hehe

Wah mencerahkan sekali tulisan mas gus farhan, inilah tantangannya bagaimana kita bisa ikhlas dan kreatif dalam blogging. Tujuan untuk uang memang sudah mainstream, tapi alangkah baiknya bila kita mencintai apa yang kita lakukan, tepat sekali.

semoga aja kitanya bisa disiplin dan fokus pada hal yang lebih bermanfaat untuk oranglain. Makasih ya mas membangun banget bacaan ini.

alhamdulillah mbak debe.... semoga para blogger semakin ikhlas menulis untuk berbagi ilmu yg bermanfaat :)


Emoticon Emoticon