Thursday, October 8, 2015

Mengatasi Video Streaming CCTV di Android tersendat


streaming cctv androidPernah ingin meremote CCTV dari rumah atau kantor melalui ponsel android anda ?, tentu terlihat simple dan canggih bukan ?. Sudah pernah mencoba streaming CCTV dengan ponsel android tanpa kendala ?. kalau sudah, adakah sebagian pembaca yang pernah mengalami kendala streaming karena gambar / video yang dihasilkan  tersendat-sendat alias ada delay yang terlalu panjang dari realtime-nya ?. Kalau itu yang menjadi permasalahannya, silahkan sobat simak beberapa sebab mengapa streaming cctv di android tidak sempurna dan lemot di bawah ini.

1. Harap diketahui bahwa pada sistem koneksi untuk kebutuhan streaming, membutuhkan proses Upload data berupa gambar dan data dari DVR atau alat pemancar CCTV dan alat penerima ( Smartphone / ponsel ) membutuhkan koneksi download data. Maka dari itu yakinkan dan pastikan dahulu seberapa bandwidth data yang anda gunakan di koneksi DVR anda. untuk DVR dengan jumlah channel yang hanya 4 buah maka koneksi bandwidth 500kbps sampai 1Mbps sudah cukup untuk melakukan upload video dan lancar.


2. Pada Ponsel yang menjadi media penerima streaming juga harus diperhatikan berapa kecepatan adan bandwidth yang ada, janganlah berasumsi kalau signal anda berkualitas GPRS / EDGE akan lancar, tentu akan tersendat-sendat. Anda harus berada di jaringan 3G atau lebih lancar lagi menggunakan koneksi wi-fi. ingat, apabila sumber streaming ( DVR ) sudah mempunyai koneksi yang cepat namun ponsel mempunyai koneksi lambat maka ponsel tidak akan bisa menerima gambar yang halus dan cenderung tersendat-sendat alias ada delay streaming, Dan Begitu pula sebaliknya.
3. Apabila anda sudah yakin kedua perangkat dengan koneksi bagus, tapi tetap saja hasil video tersendat-sendat di penerima ( ponsel ) bisa jadi sistem kompresi decoder di DVR di setting tinggi. Nilai kompresi video yang rendah bisa mengatasi masalah tersendatnya streaming namun mempunyai kekurangan yaitu gambar video tidak detail. Semakin minim kompresi data video semakin memperberat proses upload DVR ke jaringan internet dan dampaknya penerima ( ponsel ) juga terena dampak delay tampilan.

4. Banyak sedikitnya aplikasi yang berjalan di ponsel juga bisa menyebabkan tersendatnya tampilan streaming yang dihasilkan. RAM yang kecil di ponsel akan menyebabkan pemutaran video streaming tidak maksimal. Lakukanlah pembersihan aplikasi ( menutup proses aplikasi) yang berjalan sebelum menjalankan aplikasi streaming CCTV agar penggunaan data internet lancar tanpa beban berlebihan.

5. Untuk lebih mudah mengatasi masalah streaming yang tersendat di ponsel android sobat apabila data internet atau quota data pas-pasan, sebaiknya buka channel satu-persatu, jangan membuka seluruh channel karena akan memperberat koneksi data internet anda. bukalah channel secara bergantian agar koneksi data yang diterima maksimal.

Selamat mencoba, semoga tips tentang mengatasi streaming CCTV di ponsel android bermanfaat bagi sobat semua. Pertanyaan dan komentar silahkan layangkan ke kotak komentar di bawah artikel ini. Terimakasih.


Emoticon Emoticon