Tuesday, October 27, 2015

Letak Iklan adsense Super Earning


iklan googleBicara tentang Google adsense tentu tidak ada habisnya mengenai tips untuk mengoptimasi pendapatan atau earning. Banyak sekali forum di Dunia maya yang menjabarkan tentang trik mendapat Banyak Klik dengan jumlah pengunjung yang bisa dikatakan tidak terlalu fantastis. Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk mendapat jumlah klik yang banyak tentu juga ada sangkut pautnya dengan tata letak iklan adsense itu sendiri. o iya jangan terpaku dengan judul diatas yang terlihat seperti majas hiperbola ya...hehe.

Pihak Google sebagai penyedia jaringan adsense juga menyarankan bagi setiap publisher untuk melakukan trial tata letak kode adsense yang dianggapnya banyak mendapat perhatian pengunjung yang berimbas akan klik yang diperolehnya. Dengan syarat hanya mematuhi TOS dari google memang pemilik blog atau situs-lah yang bisa merekam jejak aktifitas klik yang dianggapnya paling berpotensi mendapat pemasukan yang besar.
Ada sebagian pemilik situs yang hanya memasang satu kode adsense saja di bawah judul artikel ternyata juga bisa mendapat klik dan pendapatannya meningkat.
ada juga yang memasang 3 banner, 3 iklan link dan 2 search costum namun pendapatan malah turun. itu semua tergantung dari optimasi setiap pemilik situs walaupun tidak bisa dipungkiri pula pengunjung yang banyak juga mempengaruhi tingkat rasio banyaknya pendapatan klik.

Untuk membahas tentang letak iklan dimanakah yang bisa mendulang nilai klik banyak tentunya juga harus berdasarkan pengalaman bukan dari mereka-reka bahkan berandai-andai saja. Saya sendiri dari pertama diterima program adsense memang selalu melakukan trial letak penempatan iklan adsense yang cocok, tidak membuat tata halaman semrawut dan tentu mendapat nilak jumlah klik yang banyak.

Untuk contoh kali ini saya akan membuka rahasia yang sampai saat ini saya lakukan dalam tata letak iklan adsense di blog yang memang menurut saya sangat besar pengaruhnya dalam mendapat earning karena jumlah klik yang meningkat. Sebelumnya maaf, Di blog baru ini memang saya tidak memasang kode adsense karena memang blog ini masih baru dan saya fokus pada menjaring jumlah pengunjung dahulu.

Okey lanjut ke tutorial yang ditunggu tunggu yaitu letak manakah kode iklan yang banyak menghasilkan banyak klik. saya berikan screenshot dari salah satu situs milik saya yang memang menghasilkan lumayan klik dari tata letak sebelumnya yang saya coba-coba. Silahkan lihat letak iklan pada gambar situs di bawah ini.

iklan adsense

Di gambar atas terlihat bahwa saya meletakkan iklan yang utama berbentuk banner pada bawah judul artikel, samping kanan artikel dan bagian ending artikel. Untuk Link tautan adsense saya meletakkan di sela baris pertama paragraf artikel dan diatas judul artikel itu sendiri dengan format ukuran yang berbeda pula.

Lalu pertanyaannya, bagian manakah yang paling banyak mendulang nilai klik ?, simak penjabarannya di bawah ini :

1. Iklan banner bawah artikel. Di situs tersebut dan disitus lain yang saya tempel kode iklan memang pada posisi inilah peringkat pertama banyaknya klik saya peroleh. Jadi wajib bagi saya pribadi merekomendasikan letak kode adsense pada tepat di bawah judul artikel yang memang hampir 90 persen mata pengunjung akan membaca atau melihat banner iklan setelah membaca judul artikel anda.

2. Letak iklan di bawah ending atau akhir artikel. Letak ini masuk dalam kategori tempat strategis kedua setelah letak di bawah judul artikel. Jadi jangan sepelekan letak iklan berbentuk banner di tempat strategis kedua ini.

3. Letak iklan tautan Link di sisi kanan paragraf pertama artikel. Nah, letak inilah yang saya baru tahu mendapat perhatian besar pengunjung. Letak iklan sisipan di paragraf pertama inilah yang berpotensi menduduki peringkat pendapatan jumlah klik ketiga setelah 2 contoh diatas.Saya sarankan bagi yang belum pernah menempatkan kode iklan di paragraf pertama silahkan dicoba dan rasakan peningkatan jumlah klik iklan anda.

4. Iklan link tautan di atas judul artikel. Menurut saya letak ini juga berpotensi mendapat perhatian pengunjung karena bentuknya menyerupai link tautan yang relevan dengan judul artikel anda. walaupun nilai jumlah klik tidak booming seperti letak yang lainnya saya kira hal ini patut anda coba daripada tidak sama sekali.

5. Letak Iklan di samping atau side bar situs. Kalau dahulu saya suka menempatkan iklan banner di side bar blog namun sekarang hal tersebut saya jadikan penempatan opsional saja. Karena apa ?, karena dari beberapa situs yang saya miliki penempatan iklan di side bar kurang menddapat respon dari pembaca. Mungkin saat ini pembaca sudah banyak yang membuka situs dari smartphone yang mobile friendly maka letak kode iklan di samping situs akan menempati posisi layar di bagian akhir layar ponsel. Namun lain lagi bila pemirsa situs banyak yang menggunakan versi desktop dalam perambannya mungkin lain lagi ceritanya karena mata pengunjung langsung bisa melihat sisi kanan atau kiri situs tersebut tanpa terlalu panjang menggulung layar kebawah untuk keterlihatan iklan.

Dari penjabaran tentang tata letak iklan adsense yang murni dari pengalaman saya diatas tentu bukanlah hal yang harus diikuti oleh pemilik situs lainnya, karena setiap situs mempunyai karakteristik yang berbeda dalam penempatan dan implementasi kode iklan. Hal diatas murni dari pengalaman saya yang semoga bisa menjadi rujukan dan pembelajaran bagi para publisher adsense semua. Semoga bermanfaat.

8 komentar

nah bisa diterapkan nih mas iklan adsense yang punya peluang klik besar, terimakasih deh

Iya mas...monggo diterapkan kode iklannya yg pas mas..hehe

kalo kebanykan apa ga di marahin sama GA nya mas

Waah saya belum punya iklan google adsense ya mas, tapi ini nambah wawasan saya ya, mas boleh tanya di luar topik ini tapi masih menyangkut adsense, boleh ya mas, untuk blogspot untuk daftar adsense mesti nunggu dulu 6 bulan ya mas setidaknya umur blognya?

Pokoknya jumlah iklan nurut sama aturan adsense mas adul...pasti ngk dimarahi si mbah

Daftar adsense sekaeang untuk hosting blogspot harus nunggu 6 bulan keliatannya biar tombol aktif untuk dftar adsense mas..hehe

Saya kok hanya iklan yang di bawah judul yang mendapat earning besar mas, sedangkan iklan di ending posting dan sidebar sedikit banget earningnya...

memang BPK tergantung juga jenis serta pengiklannya mas...kadang link tautan besar juga lho nilai BPKnya


Emoticon Emoticon