Tuesday, October 13, 2015

Ketika Penulis Blog kehabisan Bahan artikel



Ketika seorang Pemilik blog atau situs sudah kehabisan bahan tulisan maka apa yang akan dilakukan untuk menghasilkan karya tulis untuk blog-nya ?. Mungkin setiap blogger atau pemilik situs yang 'harus selalu' menyajikan artikel-artikel buat pengunjung Blog miliknya punya tips dan jurus khusus untuk menyiasati 'jalan buntu' tersebut. Ada yang buka-buka buku pribadi, ada yang baca-baca halaman milik blog lain, ada yang menulis ulang isi artikel blog miliknya yang lain untuk disajikan dengan cara berbeda dan lain sebagainya.

Itulah kehidupan seorang penulis blog dengan berbagai tujuannya, entah untuk memburu jumlah artikel maupun untuk kepuasan diri karena tulisannya dibaca dan bermanfaat untuk orang lain atau hal-hal lain yang menjadi ciri seorang penulis.

blog penulis artikel

Kali ini saya akan sedikit memberikan tips bagi para penulis blog yang sudah kehilangan bahan arikel atau tulisan untuk disajikan kepada para pembacanya. tips di bawah ini juga
saya lakukan ketika terkadang sudah buntu mau apa dan bagaimana harus mengisi beberapa blog pribadi, tentu tujuannya agar blog terasa lebih hidup sehingga pengunjung akan senang dengan tulisan yang fresh dan tidak kadaluarsa tentunya.
1. Membaca. Kenapa yang pertama harus pilihan 'membaca' ?, tentu saja sebagai seorang penulis tidak ada ilmu yang lebih baik daripada membaca ketika pengalaman demi pengalaman serta keahlian demi keahlian yang dimilikinya sudah tertuang semua kedalam tulisan. Bacalah apa apa yang bisa dibaca dan disarikan ke dalam format artikel blog anda. Namun membaca disini bukannya membaca yang tidak ada sangkut pautnya dengan tema blog anda. Bila anda mempunyai blog dengan niche kesehatan maka bacalah buku, artikel atau berita-berita di manapun itu yang berkaitan dengan tema yang anda bicarakan di blog. Intinya, bila blog anda hanya mempunya satu topik terfokus, maka perdalam ilmu dari hasil membaca dan sajikan kedalam tulisan dengan cara anda sendiri.

2. Oboh artikel. apanya yang dioboh dan diutak atik ?, tentunya artikel milik anda sendiri. artikel dari blog anda sendiri namun disajikan ke dalam format yang berbeda. seandanya anda mempunyai artikel berjudul 'cara mudah membuat teks rata kanan kiri' maka oboh isi artikel anda untuk disajikan ke dalam judul yang berbeda dan penyajian yang berbeda. contohnya di artikel yang ingin anda tulis berjudul ' cara Teks rata kanan kiri disisipi gambar'. Dengan membuat dan mengoboh isi dari artikel yang sudah ada maka kebuntuan akan bahasan artikel yang fresh tidak akan terjadi lagi. Keuntungannya adalah anda mempunyai artikel yang saling terkait dengan membahas satu kategori tulisan.

3. menjiplak. Nah ini dia yang kontroversial di antara para penulis blog. menjiplak yang saya sebutkan disini bukanlah menjiplak dengan sembrono dan ngawur. Menjiplak bukan dalam artian meng-copy utuh suatu artikel milik orang lain namun menjiplak dengan kreatif dan disajikan pula dengan cara khusus. Sah-sah saja menyajikan artikel yang hampir mirip dengan orang lain apalagi topik yang disajikan merupakan topik yang sudah umum diulas. Contoh, ada penulis sebelah yang membahas artikel ' cara membuat blog dengan mudah', tema di tulisan tersebut adalah topik umum yang tidak ada 'pakem-nya' dan tidak memiliki hak cipta sedikitpun. maka anda bisa menuliskan ulang dengan membumbui dengan pengalaman yang anda punya, mungkin lebih kreatif dan akan lebih banyak yang anda bahas dari yang anda jiplak. itu juga keuntungan sendiri dari menjiplak artikel blog lain.

4. Jangan berhenti mencari bahan. Intinya, seorang blogger adalah 'makhluk' yang selalu berfikir dan kreatif menyiasati apa saja untuk dijadikan bahan tulisan. Anda melihat televisi saja setengah jam sebenarnya banyak sekali topik yang bisa anda tumpahkan kedalam tulisan. Jangan terpaku dengan hasil tulisan 'kelas berat', tulisalah artikel tentang yang ringan sekalipun banyak orang tahu apa yang akan anda jabarkan. contoh, siapa orang yang tidak tahu cara memasak air ?, tentu tetangga sebelah juga tahu bagaimana memasak air. Namun bila anda kreatif tentu anda dengan pengalaman yang anda miliki bisa membuat tulisan tentang cara memasak air dengan tips khusus umpamanya. Hal sepele akan menjadi menarik dengan cara penulisan yang kreatif dan unik tentunya. 

Tips diatas tentunya bukanlah sesuatu yang harus anda ikuti. semua penulis blog mempunyai tips tersendiri mengatasi masalah kebuntuan membuat artikel baru di blognya masing-masing. Jadi, teruslah menulis jangan pernah berhenti, sekali anda berhenti maka kebuntuan demi kebuntuan akan semakin banyak membayangi kreatifitas anda. Semakin banyak dan sering seseorang itu menumpahkan kreatifitas menulis maka semakin terasah pula keahlian anda mencipta artikel yang bermanfaat dan menarik bagi pembaca.

10 komentar

Kalau saya sih suka niru artikel milik orang lain,,, namun tentunya cara penyampaiannya berbeda dengan yang aslinya...

Wah kok sama dengan saya mas..suka niru juga aku artikel orang lain trus di markup..hehe.. :D

Wah kok sama dengan saya mas..suka niru juga aku artikel orang lain trus di markup..hehe.. :D

kalo saya biasanya membaca kembali artikel yang sudah dibuat dan saya mengedit atau memperbaikinya jika diperlukan, selain itu biasanya saya melakukan blogwalking

kalau saya tergantung gan, apa yg ingin disampaikan oleh hati ini langsung saja ditulis :D

Wah sama klo gtu mas poniran... Melakukan oboh artikel untuk upload di blog lain..hehe

Itu dia.baru blogger hebat..lngsung punya inspirasi baru ya mas.. :)

wih pemikiran yang ajib :D
oh iya jangan lupa kunbal blog saya gan xixixixixi

Membaca blog-blog besar untuk mencari inspirasi kemudian membuat artikel sejenis dengan gaya bahasa khas saya. Merangkumnya kemudian menjadikannya tulisan terbaik, itu yg saya lakukan saat membesarkan blog-blog milik saya. Terimakasih atas artikel bagus diatas, salam hangat

terkadang saya juga mendapat inspirasi persis seperti yang bang ali jabarkan....hehe ..salam kenal bang


Emoticon Emoticon