Thursday, October 8, 2015

Kehebatan Manuver Iklan Online



Saya mau bertanya pada para pembaca, berapa banyak iklan yang anda hafal melalui dunia elektronik maupun online ?, Tentu jawabannya akan beraneka ragam. Kalau saya sendiri ditanya soal iklan seandainya masih duduk di bangku SD tentu akan menjawab iklan toko bagus, berniaga dotcom, oxl, matahari mall, dan lain sebagainya. itu karena otak admin telah dicuci sedemikian rupa oleh tampilan iklan yang selalu ada setiap hari di halaman situs-situs yang saya kunjungi.

iklan online

Berbicara soal iklan, tentunya sudah paling paham adalah para pengiklan ( advertiser ) dan yang berkecimpung di dunia periklanan. Tidak ddiragukan lagi bagaimana sebuah iklan bisa merubah image suatu barang menjadi laku keras dipasaran, sampai-sampai orang yang belum mengenal bentuk atau pwrwujudan barang yang diiklankan menjadi 'ikut-ikutan' tahu produk yang ditawarkan. 

Suatu contoh kecil, Iklan dari toko online semacam toko bagus, bagi masyarakat yang awam dengan jual beli online seperti di daerah pedesaan tentunya jual beli diibaratkan tukar uang dengan barang berhadap-hadapan seperti layaknya di pasar. Namun ketika iklan sudah merambah dunia elektronik seperti televisi maka apa yang terjadi ?, anak-anak sampai orang tua jadi hafal apa nama produk tersebut walau tidak tahu apa sebenarnya dan bagaimana bertransaksi lewat produk yang mereka hafalkan.

Itulah kehebatan sebuah iklan yang tersebar di dunia maya maupun elektronik. Tidak perlu memasang umbul-umbul atau banner di tengah jalan, atau menyebar pamfet ribuan eksemplar atau cuap-cuap lewat SPG yang aduhai, sebuah produk akan lebih dikenal melalui dunia internet dan elektronik ( dalam hal ini televisi )

Sebuah iklan yang tertata apik dengan setting serta alur cerita yang mudah dicerna dan dihafal oleh semua kalangan masyarakat tentu akan membuahkan hasil yang maksimal daripada sekedar iklan jalanan. Dampak sebuah iklan yang terus menerus ditampilkan di media online dan elektronik tidaklah kecil dan bisa mendorong suatu image dalam masyarakat tentang branding suatu produk.

Masih ingat tentang iklan penyemprot serangga bernama 'Baygon' ?, siapa masyarakat indonesia yang tidak kenal namanya si Baygon ini. Bahkan karena terlalu tenar, masyarakat ketika ingin membeli pembunuh serangga selalu bilang 'mau beli baygon' padahal yang dibelinya obat penyemprot merek lain.

Sekali lagi itulah kehebatan dan keajaiban sebuah iklan online. walaupun anda tidak secara serius membaca deskripsi suatu iklan di media atau di situs-situs yang memajang iklan, namun secara tidak sadar anda akan digiring kepada 'cuci otak' atas nama suatu produk yang akan anda hafal setiap saat. Apakah benar analisis saya diatas ?, tentunya pembaca setia blog ini yang bisa menyimpulkannya. Semoga bermanfaat.

2 komentar

bner sekali, kalo sudah diingat masyarakat pasti bisa terkenal banget bahkan lebih terkenal dari brand saingan lain..hehe

hehe...kalau bagi publisher iklan adsense pasti ingetnya matahari mall yag sedang ekspansi pasar besar2an ya mas...xixixi


Emoticon Emoticon