Thursday, October 8, 2015

Cara aktifkan Task manager browser Chrome


Para pengguna Sistem operasi di PC seperti windows atau Linux mungkin sudah terbiasa mendengar kata-kata task manager. Dimana fungsi task manager yang begitu penting untuk mengetahui proses apa saja yang berjalan pada sebuah sistem operasi. Di OS android juga ada istilah task manager yang biasa digunakan oleh pengguna untuk melihat dan mematikan proses yang tidak diinginkan dengan sekali klik tombol 'end process'.

Namun kali ini bukan bab task manager di PC atau di Android yang akan saya bahas disini, tapi task manager milik peramban yang sedang naik daun yaitu google chrome. Lho kok ada di browser menu task manager ?, nah itu dia, di google chrome memang disediakan menu task manager untuk lebih memudahkan pengguna memonitor seberapa banyak dan seberapa besar resource memori yang dipakai ketika menjalankan browser.

Bagi yang mulai bertanya-tanya dimanakah letak
menu task manager milik chrome dan bagaimana cara menggunakannya ?, silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

1. Silahkan buka browser chrome di PC anda, di contoh ini saya menggunakan PC dengan sistem operasi Windows 8. Untuk sistem operasi lainnya saya kira sama saja.

2. Setelah peramban anda terbuka, silahkan arahkan mouse ke pojok kanan atas dan klik. Lihat contoh di bawah ini.

task manager chrome

3. Pilih menu 'more tools' kemudian pilih menu 'task manager'.

4. tunggu sebentar dan akan terbuka jendela baru task manager milik chrome.

5. Ditampilan tersebut anda bisa melihat atau bahkan memilih proses yang sedang berjalan untuk dimatikan.

chrome task manager

6. Tapi ingat, tidak semua proses yang berjalan boleh dimatikan karena terkait dengan proses yang lainnya di aplikasi browser chrome.

7. Untuk mematikan proses silahkan klik salah satu yang anda kehendaki dan kemudian tekan tombol end process

Dengan membuka task manager anda bisa melakukan monitoring terhadap halaman-halaman yang terbuka di google chrome. Semoga tips dan ulasan tentang task manager di peramban chrome diatas bermanfaat dan bisa anda aplikasikan dirumah. Simak juga artikel menarik lainnya seputar dunia windows dan android. Terima kasih.

2 komentar

makasih tipsnya mas, saya coba praktekan untuk aktifkan Task manager browser Chrom

iya mas crewcil. semga tips task manager-nya bermanfaat :)


Emoticon Emoticon