Tuesday, October 6, 2015

Beda Modem PC dengan Modem dari Ponsel



Pernahkah anda menggunakan Ponsel atau smartphone android  sebagai modem internet di PC atau laptop ?. Pertanyaannya, apakah ada beda menggunakan modem khusus modem via android dari sisi kecepatan ?. admin akan mengulasnya untuk anda semua. yuk simak paparan tentang modem khusus PC dibanding modem dari Ponsel android untuk PC di bawah ini.

Sebuah PC atau komputer yang tersambung ke internet dahulu rata-rata banyak yang menggunakan koneksi data internet via modem khusus,
baik itu modem  dengan jaringan GSM maupun modem khusus CDMA. Namun teknologi sudah menggeser semuanya, Modem khusus PC seakan menjadi piranti pilihan kedua setelah adanya fitur modem di android. 
Namun Ternyata masih banyak pengguna PC atau komputer pribadi yang masih suka memakai dongle modem daripada memakai ponselnya untuk dijadikan jembatan tersambung ke dunia maya. Umumnya alasan pengguna yang memakai dongle modem adalah dari sisi kecepatan dan kestabilan sewaktu digunakan. Saya-pun juga merasakan hal demikian dan meng-amini-nya. Tidak diragukan lagi bahwa modem khusus PC sangat baik dari segi kecepatan dan kestabilan transfer data. Tentunya hal teknis lain juga harus menjadi pendukungnya, seperti merek modem, kualitas modem dan kompatibilitaas modem itu sendiri. 
Pada dasarnya memang modem dengan penggunaan khusus tentu tidak akan sama dengan ponsel yang dijadikan modem karena beberapa kinerja ponsel yang tinggi dalam membagi data internet. Lalu apa saja sisi keuntungan dan kerugian penggunaan modem khusus PC dengan modem PC via ponsel android ? silahkan simak  jawabannya di bawah ini.
  • 1. Modem khusus untuk PC ( dongle modem ) lebih bagus kinerjanya dalam hal koneksi dan kecepatan dibanding modem ponsel. Kenapa demikian ?, karena ponsel yang dijadikan modem akan bekerja lebih exstra dalam memberikan bandwidth datanya ke PC. Dimana ponsel android atau OS ( operating sistem ) lainnya juga akan membutuhkan 'asupan' data internet selain yang diberikan di PC. Lain dengan dongle modem khusus PC, dimana alat tersebut didedikasikan khusus untuk keperluan koneksi data tanpa adanya intervensi perangkat lain. Modem khusus PC akan secara maksimal memberikan koneksi data tanpa adanya pembagian bandwidth.
  • 2. Modem  khusus PC lebih tahan lama dan kuat dibanding penggunaan modem android. Dimana komponen yang ada di modem khusus PC memang dibuat sedemikian rupa agar alat tersebut maksimal kinerjanya. sedangkan Modem dari android atau ponsel lainnya akan melakukan kinerja double selain penggunaannya sebagai telepone selular.
  • 3. Untuk keperluan Mobile atau bergerak, memang modem dari ponsel adalah pemenangnya. Tanpa harus membawa modem khusus kesana kemari pengguna Komputer akan dengan mudah melakukan koneksi data baik via kabel data maupun melalui mode hotspot yang disediakan oleh fitur ponsel itu sendiri.
Dari beberapa penjelasan diatas jelas sekali perbedaan antara penggunaan modem khusus PC dengan modem via Ponsel. Dari pengalaman saya sendiri berkesimpulan bahwa penggunaan modem untuk sebuah alaptop atau PC pribadi akan lebih maksimal jika menggunakan modem khusus bukannya modem dari ponsel. Selain dapat membuat awet ponsel anda juga memaksimalkan kinerja serta kecepatan koneksi data. Tidak percaya ? silahkan dibuktikan...


Emoticon Emoticon