Monday, October 5, 2015

Beberapa Penghalang kekuatan sinyal WIFI



Para pengguna teknologi modern WI-FI ( wireless fidelity ) sepertinya sudah tidak asing lagi dan sudah jamak teknologi ini digunakan dalam koneksi antar sauatu jaringan atau akses data antar jaringan. Wifi ( wireless fidelity ) merupakan akses sambungan antar suatu perangkat tanpa kabel sebagai teknologi terkini setelah akses jaringan via kabel data yang kurang efisien. Saya akan membahas tentang apa saja penghalang yang mempengaruhi kekuatan signal dan transfer data pada jaringan wifi di Ponsel android dan di perangkat lain pada umumnya.

Teknologi WI-FI pada prinsip kerjanya  merupakan sambungan face to face'yang dapat bekerja maksimal tanpa adanya penghalang. Apabila ada penghalang setipis apapun itu juga termasuk salah satu yang mempengaruhi kualitas tangkapan signal maupun segi transfer data-
nya. Lalu apa saja yang umum diketahui tentang penghalang signal wifi itu sendiri ? , agar nanti para pengguna smartphone android khususnya dan pengguna gadget lainnya dapat mengambil pelajaran tentang cara kerja dan penghalang kekuatan signal wifi supaya dapat mengakses jaringan dengan lancar dan nyaman.



1. Tebalnya Tembok, Mengapa tembok menjadi penghalang nomor 1 dalam pembahasan penghalang signal wifi ?, Sudah tidak dipungkiri bahwa bangunan masyarakat sekarang ini bukanlah terbuat dari anyaman bambu seperti jaman dahulu. Dimana Tembok dan bangunan bertingkat dari campuran semen menjadi suatu yang tidak dapat dihindari. Para pengguna wifi dengan jangkauan 2 meter -pun akan merasakan penurunan kualitas bila ada tembok menghalangi antara kedua perangkat ( perangkat pemancar wifi ( hotspot ) dan perangkat penerima wifi ). Semakin tebal tembok semakin memperlemah signal dan transfer datanya. Jadi apabila pengguna wifi atau penerima signal hotspot merasa sinyal-nya turun walau ada di suatu area yang berdekatan silahkan dilihat dahulu berapa jumlah baris tembok yang menghalangi. semakin banyak sekat tembok maka semakin lemah pula daya tangkap signal.

2. adanya Hujan, Mengapa hujan bisa menyebabkan melemahnya signal tangkapan wifi ?. Logikanya seperti ini, Bila ponsel anda emangkap signal dari jarak 20 meter umpamanya, dan ketika itu ada hujan dengan curah air yang lebat maka hujan tersebut akan menjadi perisai antara anda dan pemancar wifi. Semakin lebat hujan semakin memperlemah tangkapan signalnya.

3. banyaknya Benda yang bergerak. Maksudnya disini bila anda berada di area tertentu seperti di luar ruangan dan anda mendapat signal lurus dari seberang jalan rumah anda tentu akan ada kendaraan yang lalu lalang menjadi penghalang. Walau kendaraan tersebut tidak berhenti tepat di depan anda dan berjalan sebagaimana mestinya, namun kendaraan tersebut seperti mobil, truk ataupun lainnya akan tetap menjadi penghambat signal wifi. semakin padat dan merayap kendaraan sebagai enghalang maka semakin tidak stabil pula sinyal wifi yang anda dapatkan.

4. Rimbun Pepohonan, Pohon sebagaimana penghalang lainnya juga luput dari perhatian penghalang signal wifi. Padahal semakin rimbun dan besar Pepohonan yang menjadi penengah antara anda dan pemancar signal wifi ( hotspot ) maka semakin tinggi pula kemungkinan penurunan signal wifi pada ponsel anda.

Disini Sebenarnya masih banyak lagi beberapa penghalang signal wifi yang ada di sekitar kita. intinya, setiap benda padat maupun cair semakin tebal semakin menghalangi tangkapan signal wifi pada ponsel anda. Jadi bila ingin memperoleh kualitas signal wifi yang baik dan maksimal silahkan cari posisi yang sekiranya minim penghalang. Semoga  bermanfaat.


Emoticon Emoticon