Saturday, April 20, 2013

Mengapa Blog Harus Nama Unik ?



Dalam hal pemilihan nama suatu blog ternyata ada kaidah dalam penamaan agar tampak lebih professional. Mengapa blog harus nama unik ?, tentu saja agar orang akan sangat mudah mengingat nama blog kita dan kembali mengunjungi blog kita kapan saja , bahkan bisa berdampak pada naiknya ranking di search engine karena keyword nama blog kita. 

Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan nama blog adalah sebagai berikut : 

1. Tujuan

Apa tujuan kita nge-blog? Tentu saja orang yang professional akan mempunyai nama blog yang kompeten dan bertautan dengan nama blognya. Contohnya bila senang dalam hal dunia elektronika maka bisa saja orang tersebut membuat nama blognya dengan kata-kata umum elektronika. 

2. Topik Blog 

Biasanya topic blog sudah kelihatan ketika orang membaca namanya. Ketika nama sebuah blog tampak seperti nama orang, biasanya topic blog tampak seperti nama orang tersebut. Dan sebagainya 

3. Harapan jangka panjang

Dalam hal ini tujuannya adalah apa yang diharapkan dalam jangka panjang nanti ? apakah ingin membangun citra sendiri, sekedar hobi ataukah ingin mendapatkan banyak iklan ? 

4. Berapa orang yang mengelola blog itu

Kalau pengelolanya banyak maka pemilihan nama blog tentu dengan cara kesepakatan bersama dan hal itu tidak berlaku bagi pemilik perorangan. Contohnya nama blog dari sebuah partai tentunya tidak bisa seenaknya membangun nama blog dengan yang keluar dari jalur blog itu sendiri. 

5. Isinya 

Bila dilihat dari isinya apakah blog yang akan diberi nama nanti berisi konten lucu atau konten serius ? itu juga harus menjadi pertimbangan. 

6. Panjang nama 

Nah, dalam hal ini panjang nama dari suatu blog juga akan berpengaruh terhadap cara orang mengingat blog kita. Kalau orang membeli sebuah domain mungkin nama bisa dijadikan super pendek dan jelas, lain halnya bila blog masih menggunakan domain gratisan seperti blogspot maka awalan dari nama akan menambah daftar nama yang perlu diingat pengunjung. 

Jadi kesimpulannya, nama dari blog haruslah sekaidah dengan trik SEO yang salah satunya tadi ‘unik’ dan mudah dipahami serta dihafal oleh pengunjung. Seberapa unikkah nama blog sobat sekarang ini ?

11 komentar

Bener sob, dan bagi blogger yang tidak punya tujuan jangka panjang akan tereliminasi dengan sendirinya.

Waktu awal ngeblog saya bingung kenapa para master selalu bilang bikinlah blog yang topiknya anda suka dan hobi. Dengan harapan kedepannya anda tak akan bosan.

Tambahan dari saya buatlah blog yang bisa mendatangkan duit banyak biar ga bosan developenya.. hehehe

dari dulu nama blog Jejak Sang Pemimpi hahaha nggak tau itu jdul yang menjual apa nggak...ini blognya mas Putra ya...kok ketemu di sini...silahkan berkunjung lagi ke blog saya ya hehe...meski di search engine belum nomor satu..moga di blog ini nomor dua hahahha *malah ngegombal*

wah. info menarik niiiih! ya harus unik nama blognya

kalo saya sih tetap setia dengan tema inspirasiqu hehe

wah info yang bagus nih..... kalau mamang nama blognya pendek ajah ah biar diingat anak cucu hehehe.... ndak tau bagus ndaknya nama blog mamang... tapi menurut mamang bagus eheheheh

Nama blog pendek...pakai nama anak juga kawan

Tips yang sangat bermanfaat, cari nama blog yang mudah diingat... setuju banget sob :)


Emoticon Emoticon